Apa yang Saya Pelajari dari Yin Yoga

  • by
yin yoga
Share to your loved ones...

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Tiap kali saya berlatih Yin Yoga, guru selalu bertanya apakah ada member baru dalam kelas? Biasanya hanya ada beberapa saja yang mengangkat tangan. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan apakah mereka pernah berlatih Yin Yoga sebelumnya? Untuk pertanyaan ini tidak ada jawaban dan hanya ada keheningan.

 

Yin Yoga bukanlah yoga yang biasa diajarkan tapi saya percaya akan menjadi lebih dikenal dan akan banyak peserta yang menyukainya.

 

Butterfly pose - YIN YogaApakah Yin Yoga?

Apabila anda belum pernah mendengarnya, Yin Yoga adalah cara berlatih yoga dengan melakukan tiap pose asana sampai dengan 3 menit.

 

Sebagai background, saya sebetulnya sangat menyukai untuk mengikuti kelas yoga yang aktif dan flowing. Karena saya tertantang secara fisik dan mental. Saya merasa yoga yang tidak banyak gerak (gentle) sangat membosankan. Sampai pada suatu saat saya cedera pada otot disekitar dada (intercostal muscle). Saya sangat sedih dengan kondisi seperti ini karena tiak dapat berlatih yoga lagi.

 

Setelah rekuperasi dari cedera, saya memutuskan untuk ikut kelas yoga yang lebih lembut/ gentle, dan saya masuk kelas Yin Yoga.  Saya tidak mengetahui dan tidak mempunyai ekspektasi apapun terhadap Yin Yoga. Pemikiran saya mengenai Yin Yoga tentang kelembutan dan latihan yang mudah segera sirna.

Baca:  Gerakan Yoga Pagi Hari Sebelum ke Kantor

 

Melakukan butterfly pose bukanlah sesuatu yang menantang untuk saya. Tetapi di Yin yoga lain. Kita harus melakukannya selama 3 menit. Nah, waktu di menit ke 2, saya merasakan cedera lama di sciatic muncul kembali. Pada menit ke 3, saya merasakan seolah olah waktu berhenti bergerak dan terasa seperti seumur hidup. Badan saya berteriak dan sangat tidak nyaman sekali.

 

Pose-pose berikutnya hampir sama. Apabila 1 menit saya masih merasakan tidak ada apa-apa. Tetapi begitu menginjak hampir menit ke 2, badan saya biasanya sudah protes.  Tetapi dengan cara seperti ini, pikiran kita akan mengambil alih. Otak akan me- observe dan me-instruksikan badan untuk tenang, dan menerima ketidaknyamanan ini.

 

Cara ini ternyata mempengaruhi dalam hidup saya sewaktu ada rasa sakit ataupun masalah. Otak saya terlatih untuk memberikan instruksi ke badan untuk rileks dan menerima apa adanya. Dengan demikian, pikiran dan badan menjadi satu kesatuan – Unification of mind and body.

Baca:  3 Gerakan Yoga Ini Lebih Ampuh Atasi Punggung Kaku Ketimbang Pijat

 

Pada ketika saya menemui masalah, pikiran saya selalu mengatakan bahwa semuanya bisa diselesaikan dan hal ini saya dapat dari berlatih Yin Yoga. Dengan berlatih Yin Yoga, saya menjadi individu yang lebih tegar dan tenang.

 

 

Sandra ReaWritten by: Sandra Rea

Sandra Rea is a spiritual teacher, author, and energy healer. She helps people to release limiting thoughts and behavior that is holding them back and reconnect with the highest divine expression of themselves. She will help you to break free from the chains of your imagined limits and start living…[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_separator border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_single_image image=”1956″ img_size=”350×350″ alignment=”center” css=”.vc_custom_1477129938852{border-radius: 3px !important;}”][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_cta h2=”Uci Wijayanto” h4=”Loved Tortue Sticky yogamat…” add_icon=”left” i_type=”openiconic” i_icon_openiconic=”vc-oi vc-oi-heart” i_color=”green” i_size=”lg” css=”.vc_custom_1477130173893{border-radius: 3px !important;}”]Salah satu dari banyak guru yang memakai Tortue Sticky yogamat.

Founder dari Jaganatha Yoga Shala – Sebuah wadah Teacher Training untuk basic pondasi Hatha Yoga sistem dan Yin Yoga. Berdiri sejak th 2006 dan telah mencetak lebih dari 200 pengajar Yoga berkualitas di Indonesia.  Sebagai guru dan Development Team di Celebrity Fitness Indonesia, selama 15 tahun.[/vc_cta][/vc_column][/vc_row]

Tags: