7 Tips Untuk Menjadi Guru Yoga Yang Berhasil

  • by
Share to your loved ones...

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Saat seseorang memutuskan untuk menjadi seorang pengajar, maka hal itu tidak menjadikan dirinya langsung sempurna. Seorang gurupun bisa tetap memiliki banyak kekurangan. Jika saat ini Anda sangat menggemari olahraga jenis yoga dan butuh tantangan lebih, maka menjadi guru yoga mungkin bisa jadi solusinya. Untuk memulainya, maka ikuti beberapa tips yang mau lewat berikut.

 

1. Bergabunglah dengan studio yang baik sistem manajemennya
Seperti kita ketahui bersama bahwa olahraga yoga sudah cukup banyak peminatnya di tanah air belakangan ini, khususnya kota-kota besar. Oleh sebab itu, seharusnya tidaklah sulit untuk mencari studio yoga yang tak hanya berkualitas dalam teknik pengajarannya, namun juga memiliki manajemen bisnis yang baik. Dari tempat semacam inilah, Anda bisa memulai impian menjadi guru yoga.

 

guru_yoga2. Bergaullah dengan para senior
Setelah bergabung, bukalah diri untuk bergaul dengan pengajar lain yang bekerja lebih lama dari Anda. Ada beberapa keuntungan bila Anda melakukan hal ini. Pertama, Anda mendapat lebih banyak teman. Selain itu, Anda juga bisa menambah pengetahuan tentang yoga dari para senior. Dan yang terutama adalah, ketika mereka sedang berhalangan, ada kemungkinan besar Anda yang nantinya diminta untuk menjadi guru pengganti. Dengan demikian, jam terbang Anda sebagai pelatih yoga semakin tinggi.

 

3. Mengajar, mengajar, dan mengajar
Bila Anda bertekad untuk mengandalkan profesi guru yoga sebagai mata pencaharian, maka tentu Anda tidak boleh bermalas-malasan saja. Anda harus rajin dan bersedia mengambil setiap kesempatan mengajar yang ada.

Baca:  7 Kesalahan Guru Yoga

 

4. Berani mengambil resiko
Saat masa training sebagai pelatih yoga telah berakhir, maka tekadkan diri untuk keluar dan mulai mengajar atau membuka studio yoga sendiri. Jangan terlalu lama berkutat sebagai guru training karena hal ini bisa membuat Anda masuk dalam zona nyaman sehingga akan lebih sulit lagi bila ingin keluar nantinya.

 

5. Lakukan yang terbaik
Apapun kondisi yang ada di depan Anda, selalu lakukan yang terbaik. Jika membuka studio yoga masih jauh dari budget dana yang dimiliki, maka jangan segan untuk menjadi pelatih yoga pribadi. Saat melakukannya, maka berikan pelayanan yang terbaik dalam setiap kelas agar image Anda meningkat.

 

6. Meditasi
Saat memutuskan menjadi seorang guru yoga, Anda harus mengetahui dan menguasai seluk-beluk olahraga satu ini secara keseluruhan. Meskipun proses belajarnya mungkin tidak bisa selesai dalam waktu semalam, namun paling tidak, Anda menguasai dasarnya. Salah satu yang wajib dikuasai adalah meditasi. Agar kemampuan bermeditasi tetap stabil bahkan meningkat, dan Anda layak untuk mengajar para murid, maka lakukan itu setiap hari dalam kehidupan pribadi Anda sendiri.

 

7. Saatnya mengiklankan diri
Di zaman serba modern seperti sekarang, kita dapat mempromosikan jasa tanpa perlu merogoh kocek mahal. Oleh sebab itu, jangan segan untuk rajin mengiklankan diri melalui media sosial yang ada seperti Instagram atau Facebook agar lebih banyak orang yang mengenal Anda sebagai salah satu pengajar yoga yang handal.

Baca:  4 Alasan Mengapa Atlit Wajib Memulai Senam Yoga

 

 

paul teodo

Paul Teodo is a musician, and yoga and meditation teacher living in Venice, CA. He leads yoga retreats and workshops internationally. Paul just released his debut album, a collection of original instrumental pieces on acoustic guitar.

 

 

rewrite by: Mega. A[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_separator border_width=”3″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_single_image image=”1956″ img_size=”500×500″ add_caption=”yes” alignment=”right” style=”vc_box_border” css=”.vc_custom_1477129555221{border-radius: 3px !important;}”][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_cta h2=”Uchi Wijayanto” h4=”Matras Yoga Tortue – One of the Best Yogamat…” add_icon=”left” i_type=”linecons” i_icon_linecons=”vc_li vc_li-study” i_size=”lg” css=”.vc_custom_1477129535625{border-radius: 3px !important;}” i_on_border=”true”]Sudah bertahun tahun saya berlatih dan mengajar yoga. ┬áMatras yoga Tortue mempunyai textur anti-slip /sticky di permukaan sehingga tidak mudah terpeleset meskipun berkeringat. ┬áSangat cocok bagi pemula maupun yogi yang berpengalaman.

Permukaan matras yoga “closed cell” sehingga kotoran, debu dan keringat tidak masuk dalam pori. Densitas sangat baik – dapat digunakan untuk posisi yoga advanced – inversion.

Yogamat ini sangat “recommend” bagi yogi yang aktif.

 

Uchi Wiyanto (founder Jaganatha Yoga Shala)

Sebuah wadah Teacher Training untuk basic pondasi Hatha Yoga sistem dan Yin Yoga. Berdiri sejak th 2006 dan telah mencetak lebih dari 200 pengajar Yoga berkualitas di Indonesia.  Sebagai guru dan Development Team di Celebrity Fitness Indonesia, selama 15 tahun.

[/vc_cta][/vc_column][/vc_row]