4 Pose Dasar Bagi Pemula Yoga (Pria)

  • by
Share to your loved ones...

Bagi seorang pria, yoga bisa menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup menantang. Hingga saat ini masih banyak orang yang berpikir bahwa seorang pria seharusnya memilih jenis olahraga lain yang lebih keras dan menantang seperti basket, sepak bola, tinju, angkat beban, atau lainnya.

Padahal saat dilakukan, berbagai gerakan yoga yang tampaknya sederhana ternyata butuh usaha ekstra dalam melakukannya. Bagi Anda yang sudah menyadari hal tersebut dan ingin melibatkan senam yoga sebagai salah satu aktivitas sehari-hari, maka coba awali dengan 4 pose dasar berikut.

 

1. Child Pose

child pose

Bagi Anda yang sehari-hari bekerja di kantor, maka posisi duduk yang salah dapat memicu timbulnya nyeri punggung khususnya bagian bawah. Rasa sakit juga bisa dipicu kalau kursi yang diduduki kurang memadai dari segi kenyamanannya.

Di samping itu, posisi tubuh yang salah saat duduk, berdiri, atau berjalan juga dapat menjadi pemicu selanjutnya. Penyebab lainnya adalah akibat terlalu sering mengangkat, menarik, atau membawa benda berat.

Namun untungnya ada pose yoga bagi pemula yang bisa meredakan nyeri punggung bagian bawah yakni Child pose. Setelah melakukannya, Anda akan merasa lebih nyaman. Hal ini dikarenakan Child pose tak hanya meregangkan lutut, namun juga tulang belakang sehingga membantu meredakan rasa sakit pada punggung bawah.

Baca:  5 Posisi Senam Yoga untuk Membentuk Bokong Indah Tanpa Jongkok

 

2. High Lunge

high lunge

Gerakan yoga selanjutnya ini sangat baik untuk Anda yang suka jogging atau marathon. Ketika dipraktikkan, High Lunge dapat membangkitkan kembali kekuatan otot kaki dan fleksibelitasnya.
Tak cuma itu, keseluruhan otot batang tubuh juga turut meningkat dari segi kekuatan dan keseimbangannya. Pose ini juga bagus bila Anda ingin meregangkan otot-otot di daerah kaki dan jari-jarinya.

 

3. Crescent Pose

crescent pose

Pose yoga bagi pemula yang ke-3 ini hampir mirip dengan High Lunge, hanya saja lebih menuntut kekuatan dan keseimbangan dari seluruh tubuh dan kaki untuk melakukannya. Crescent pose mampu melenturkan sekaligus menguatkan otot pinggul dan kaki depan para yogi.

 

4. Yogic Squat

yogic squat

Di India, ketimbang memilih posisi berdiri atau duduk di atas kursi, kebanyakan orangnya lebih memilih pose Yogic Squat ketika berbicara satu dengan lainnya. Dan sebelum kloset duduk menjadi nge-trend, kita juga selalu melakukan pose ini saat buang air. Di samping itu, kebanyakan wanita juga mengambil posisi ini saat melahirkan anaknya.

Baca:  Lakukan 3 Peregangan Ini Agar Tulang Belakang Tetap Sehat

Namun seiring berkembangnya zaman, tak lagi banyak orang yang rutin melakukan Yogic Squat khususnya penduduk negeri Barat. Padahal bila dilakukan secara rutin, kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari pose yoga bagi pemula satu ini. Di samping menyembuhkan sembelit/ konstipasi, pose ini juga mampu merehabilitasi kelenturan kaki dan lutut.

Tak perlu pergi ke studio atau gym, Anda dapat melakukan deretan pose yoga bagi pemula tadi di rumah selama 10 menit setiap harinya. Setelah itu, siap-siaplah untuk mendapatkan tubuh yang lebih fleksibel dan kuat ketimbang sebelumnya.

 

 

RaghunathRaghunath

Raghunath is a detox junkie, evolution assistant, coalesced by kirtan, cacao consumer, puranic story teller, reciter of Gita, potential excavator, beyond birth and death. He is prana hunter, animal friendly, transcendence in training, born to give – to live today; full contact fighter, devours durians, loves to chant, likes a challenge, servant of the servants, harmonium hugger, conscious of Krishna.

 

rewrote by: Mega A