4 Alasan Mengapa Atlit Wajib Memulai Senam Yoga

  • by
senam yoga bagi atlit
Share to your loved ones...

Bagi beberapa atlit, senam yoga bukanlah bidang olahraga yang menarik di mata mereka. Mereka membuang jauh-jauh jenis olahraga ini. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

“Bagaimana bisa menarik kalau yang dilakukan hanya duduk dan tidak berbuat apa-apa. Kan lebih baik aku menghabiskan waktuku untuk lari atau angkat beban saja.”

“Kayaknya yoga itu lebih cocok untuk para wanita deh, bukan untuk pria macho sepertiku.”

“Beberapa pose yoga takutnya bisa merusak image kerenku karena membuatku tampak konyol saat melakukannya.”

Atlit wajib memulai senam yoga

1. Meningkatkan fleksibelitas

Sebagai olahragawan aktif, setiap atlit pasti butuh yang namanya fleksibelitas dan kelenturan tubuh. Yoga bisa mewujudkan itu. Stretching atau peregangan sebelum berenang maupun lari misalnya, bisa menghindarkan para atlit dari kram atau cedera yang tidak diinginkan. Yoga bahkan dapat Anda jadikan sebagai latihan pemanasan sebelum melakukan gerakan berat dalam bidang olahraga yang sedang ditekuni.

Baca:  Gerakan Yoga Pagi Hari Sebelum ke Kantor

2. Senam Yoga membuat Core (batang tubuh) jadi lebih kuat, begitu pula dengan lengan

Beberapa bidang olahraga seperti bersepeda atau lari boleh dibilang jarang melibatkan kekuatan core ataupun lengan. Padahal sama seperti anggota tubuh lainnya, bagian tubuh ini juga perlu dilatih dan ditingkatkan kekuatan ototnya. Dan melalui senam yoga, Anda bisa mewujudkan hal tersebut. Ingatlah, stamina yang kuat itu tak hanya diperoleh dari bagian tubuh tertentu saja, namun juga seluruhnya.

3. Teknik pernafasan jadi lebih baik

Agar performanya tetap oke saat tampil, para atlit tak hanya perlu cepat, tangkas, serta menguasai gerakan tertentu saja. Namun mereka juga perlu memerhatikan kekuatan nafas. Kan percuma kalau gerakannya oke, tapi nafasnya gampang habis. Maka dari itu, kalau ingin teknik pernafasan lebih baik ketimbang sebelumnya, maka Anda bisa meningkatkannya melalui latihan yoga.

Baca:  5 Macam Gerak Yoga dan Nilai Positifnya

4. Membuat kita lebih kenal dan terkoneksi dengan tubuh dan jiwa sendiri

Tak dapat dipungkiri kalau latihan senam yoga tak cuma baik untuk tubuh secara fisik saja, namun juga jiwa. Entah bagaimana, yoga khususnya bagian savasana, kerap membuat pelakunya merasakan damai, kepenuhan, maupun kepuasan yang mungkin tak didapat dari bidang olahraga lainnya. Hal ini dikarenakan yoga memang bisa melepaskan stres dan membangkitkan semangat baru.

Oleh sebab itu, kalau saat ini Anda berprofesi sebagai atlit atau aktif dalam bidang olahraga tertentu, jangan segan untuk memasukkan senam yoga dalam jadwal latihan. Buktikan sendiri betapa efektifnya melakukan latihan yang sepintas tampaknya tak berguna ini. Anda pasti terkejut melihat hasilnya.

Tags: