3 Trik Kundalini Yoga Dapat Sembuhkan Insomnia

  • by
kundalini yoga - mengatasi insomnia
Share to your loved ones...

Ketika seseorang selesai mempelajari atau mengikuti kelas Kundalini Yoga, maka mungkin timbul sebuah pertanyaan dalam benaknya tentang bagaimana latihan ini bisa membantu menyembuhkan insomnia.

 

Pertanyaan ini jugalah yang sempat terpikirkan oleh Kristen Campbell, guru yoga sekaligus pendiri SacredFolk.com. Dan untuk menjawabnya, maka Kristen menyarankan beberapa tips berikut:

 

kundalini yoga - mengatasi insomnia 1.  Latihan setiap hari

Setiap hari yang dimaksudkan di sini sebaiknya tidak kurang dari 40 hari berturut-turut. Mengapa harus 40 hari? Alasannya sederhana saja, butuh waktu setidaknya 40 hari bagi seseorang untuk bisa mengubah kebiasaannya.

 

Dengan berlatih rutin selama periode tersebut, Anda seolah-olah sedang memprogram tubuh dan pikiran sendiri sehingga Anda makin menyadari bahwa hidup ini bukan sekedar soal berpikir, merasa, atau beraktivitas saja, namun pikiran dan tubuh juga perlu memiliki waktu netralnya.

 

Berlatih kundalini yoga secara rutin juga dapat membuat Anda merasa nyaman, tak hanya saat latihan saja, namun juga pada sepanjang hari itu. Dan yang paling penting, otak seakan-akan sedang dibangun ulang melalui latihan ini.

Baca:  10 Kesalahan Pemula Yoga Yang Sering Terjadi

 

Oleh karenanya, latihan kundalini yoga secara rutin bisa mengajarkan tubuh dan pikiran untuk masuk tahap netral sehingga dari situ Anda bisa rileks dan terlelap dengan mudah.

 

2.  Aktiflah bergerak

Tak dapat disangkal bahwa salah satu cara untuk membersihkan pikiran adalah dengan aktif bergerak. Oleh karenanya, mereka yang stres, suntuk, bahkan menghadapi jalan buntu, seringkali mengalami kelepasan usai berolahraga.

 

Olahraga, tak terkecuali berbagai pose dalam Kundalini yoga, dapat memberikan energi dan semangat baru. Dan begitu tubuh merasa berenergi, maka otakpun akan ikut aktif.

 

Kristen berpendapat, mereka yang mengalami insomnia dikarenakan terlalu banyaknya pikiran yang berkecamuk saat tidur, biasanya kurang aktif bergerak pada sepanjang hari. Karena itu saran Kristen, kalau Anda ingin langsung terlelap segera setelah naik ranjang, maka sempatkan waktu untuk berolahraga, atau paling tidak aktiflah bergerak sepanjang hari itu.

 

Temukan jalan menuju kebebasan

Faktor lain yang membuat seseorang susah tidur di malam hari adalah karena tidak adanya kedamaian. Banyak orang naik ranjang dengan perasaan was-was, cemas, khawatir, bahkan takut tentang apa yang mungkin terjadi di esok hari. Semua ini jelas saja membuatnya sulit tidur karena pikiran tidak tenang.

Baca:  10 Ide Berlatih Yoga Ketika Sedang Berlibur

 

Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu fokus saat melakukan latihan Kundalini yoga. Nikmati momen relaksasinya sehingga pikiran terlatih untuk dengan mudah masuk tahap netral. Selain itu, Anda juga perlu melakukan hal-hal yang bisa membuat rileks, entah itu melalui hobi atau olahraga tertentu.

 

Dan menjelang waktu tidur di malam hari, ingatlah hal-hal yang membuat rileks tersebut. Pikirkan itu saja sehingga tak ada tempat bagi ketakutan atau kecemasan. Dengan begitu, Anda bisa dengan bangga mengucapkan selamat tinggal pada insomnia.

 

 

 

Kristen Campbell - kundalini yogaKristen Campbell

Kristen Campbell has practiced various styles of yoga for over three decades and is honored to help others heal their lives and bodies through the sacred technologies of Kundalini yoga.