3 Hal Ini Ternyata Membahayakan Tulang Punggung Belakang

  • by
tulang punggung bungkuk

Ada banyak aktivitas sehari-hari yang menuntut tubuh kita berubah dari posisi yang satu ke pose lainnya. Saking seringnya tubuh bergerak maka kebanyakan dari kita sudah tak memperhatikan lagi bagaimana posisi tulang punggung belakang.
Apakah posisi kita saat duduk, berdiri, berjalan, bahkan tidur itu sudah benar atau tidak. Apakah pose tersebut membawa kebaikan atau justru merusak tubuh kita di kemudian hari. Pada ulasan kali ini, kita akan membahas beberapa hal yang ternyata membahayakan tulang punggung. Apa sajakah itu?

 

tulang punggung bungkuk1. Membungkukkan badan

Yang pertama dan paling sering dilakukan adalah membungkukkan badan. Hal ini tidak berarti bahwa kita tak boleh membungkukkan badan sama sekali. Hanya saja bila aktivitas itu dilakukan dengan cara yang salah (tulang punggung membentuk huruf C dan bukannya S), maka lama-kelamaan punggung akan sakit bahkan cedera.

Ketika kita melakukan banyak aktivitas yang perlu posisi bungkuk katakanlah seperti mengambil barang jatuh, membuang sampah, mencuci, atau bahkan sit-up, maka pertahankan posisi bahu tetap tegak. Anda tetap boleh membungkuk, namun jaga agar tulang punggung belakang membentuk huruf S, dan bukannya C.

 

2. Berada dalam posisi yang salah

Seperti yang disinggung sebelumnya, bagaimana cara kita berbaring, duduk, berdiri, bahkan berjalan, semua itu sangat memengaruhi kesehatan tulang belakang. Memang ada waktunya dimana tubuh ini merasa lelah sehingga membuat kita tanpa sadar berada dalam posisi yang tidak semestinya. Katakanlah seperti berdiri sambil bertumpu pada 1 kaki, bersandar lunglai ketika sedang duduk, atau berjalan dengan posisi lemas (tidak tegap). Akan tetapi bila hal ini terus dilakukan, maka tulang belakang bisa berada dalam bahaya.

Bagi Anda yang kerap duduk berjam-jam saat bekerja di kantor, maka jangan segan untuk bangkit berdiri dan melakukan olahraga ringan setiap 30-45 menit sekali. Selain pergi ke kamar mandi, Anda juga dapat melakukan beberapa latihan ringan seperti wall angels yang dapat menjaga posisi tubuh tetap lurus tegak. Peregangan ala star drill, chair squats, serta hi & byes untuk melenturkan tangan yang kaku juga bisa dilakukan agar tubuh tetap waspada dengan posisi yang dimilikinya.

 

3. Duduk membungkuk

Bukannya mempertahankan posisi tulang punggung tetap tegak, kebanyakan orang malah membiasakan diri duduk dengan pose membungkuk (tulang punggung membentuk huruf C). Ya duduk membungkuk mungkin merupakan hal yang cukup sering dilakukan tanpa sadar. Namun ternyata posisi ini juga yang paling berbahaya bagi tulang punggung belakang.

Lama-kelamaan bila terus menerus dilakukan, maka tubuh akan beradaptasi dengan pose tersebut sehingga keberadaan otot, sendi, dan jaringan lunak tubuh berubah. Tentu saja perubahan ini berdampak negatif pada postur tubuh dan bahkan bisa memicu rasa sakit.

Belum lagi duduk merupakan salah satu pose yang paling banyak dilakukan oleh mereka yang menderita sakit punggung bawah atau nyeri karena saraf terjepit. Bila postur tubuh saat duduk tidak segera diperbaiki, maka kondisi tersebut akan membuat punggung tetap merasa sakit. Ini juga membuka peluang tulang punggung belakang untuk melengkung atau bungkuk lebih dini daripada yang seharusnya.

Untungnya ada solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi beberapa kesalahan di atas. Salah satu di antaranya adalah melalui olahraga yoga. Selain postur tulang punggung belakang mengalami perbaikan, tubuh juga jadi lebih sehat, kuat, dan langsing.