3 Gerakan Yoga Ini Lebih Ampuh Atasi Punggung Kaku Ketimbang Pijat

  • by

Ada banyak alasan mengapa seseorang selalu menyempatkan dirinya untuk melakukan gerakan yoga. Selain dapat mendongkrak mood dan menenangkan pikiran yang suntuk, yoga juga bisa meredakan berbagai nyeri atau sakit pada tubuh akibat aktivitas sehari-hari.
Jarang bergerak karena harus duduk di kantor setiap hari misalnya, ini bisa membuat punggung dan bahu kaku sehingga rasanya terkadang sakit ketika kita harus mengangkat tangan. Kalau kondisi semacam ini sudah terjadi, tindakan apa yang biasa Anda lakukan untuk meredakannya?
Beberapa orang, termasuk Anda, mungkin memilih pijat sebagai solusinya. Tentu saja pijat bisa melemaskan kekakuan pada bahu maupun otot, namun tahukah Anda bahwa ada solusi yang lebih ampuh daripada pijat? Dan solusi yang dimaksud adalah melalui beberapa gerakan yoga berikut ini:

 

1. Upward-facing hands

upward facing hands - gerakan yoga

Dalam posisi berlutut, rapatkan kedua paha dan lengkungkan punggung sehingga Anda masuk dalam pose cat. Dan supaya peregangan punggung bagian atas semakin efektif, putar menyamping bagian lengan atas pada sendi bahu dan posisikan lengan atas tersebut sehingga sudutnya berada di atas kepala. Tahan posisi ini dalam beberapa kali hitungan nafas sebelum rileks, dan ulangi lagi bila perlu.

Baca:  3 Cara Menjadi Yogi, Meskipun Anda Seorang Pemula Yoga

 

2. Eagle arms

eagle arm - gerakan yoga

Eagle arms dapat membuka otot bahu yang terkunci. Untuk melakukan gerakan yoga ini, Anda perlu berada dalam posisi yang nyaman, entah sambil duduk di atas kursi kantor, bersila di atas matras, atau berlutut sambil duduk di atas block. Yang penting posisi tersebut dapat membuat punggung tetap tegak.

Bentangkan kedua tangan ke depan tubuh, lalu silangkan keduanya (siku kanan di atas siku kiri, atau sebaliknya) lalu tekuk siku dan buat ujung jari-jari mengarah ke langit-langit. Setelah itu, lilitkan tangan sehingga keduanya saling mengunci satu sama lain. Kalau kesulitan untuk Anda menyatukan kedua tangan, maka cukup tautkan saja jari-jarinya. Tapi kalau memungkinkan, usahakan untuk membuat kedua telapak tangan saling menyentuh satu sama lain.

Baca:  5 Posisi Senam Yoga untuk Membentuk Bokong Indah Tanpa Jongkok

Setelah itu, ‘jatuhkan’ siku sedikit ke bawah, lalu biarkan jari-jari mencuat ke luar menghadap ke dinding depan. Jaga posisi tangan tetap tegak ke atas, tidak miring ke kanan-kiri atau arah lainnya. Saat melakukannya, Anda akan merasakan peregangan di punggung atas. Tahan beberapa kali hembusan nafas, lalu rileks.

 

3. Forward bend

forward bend - gerakan yoga

Mulailah gerakan yoga ini dengan posisi berdiri sambil membuka kaki lebih lebar dari pinggul. Bernafaslah dengan normal beberapa kali sebelum membungkukkan badan ke depan. ‘Istirahatkan’ perut di atas paha.

Biarkan kepala menggantung, lalu perlahan goyangkan kepala dengan gerakan mengiyakan (manggut-manggut) dan geleng-geleng. Bila Anda mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan tubuh, maka lakukan sambil duduk di atas kursi.

Demikianlah 3 gerakan yoga sederhana untuk atasi punggung kaku yang bisa Anda lakukan secara rutin di tengah-tengah kesibukan. Selamat berlatih!