10 Kesalahan Pemula Yoga Yang Sering Terjadi

  • by
pemula yoga
Share to your loved ones...

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Kesalahan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, baik secara sadar maupun tanpa kita sadari. Dalam senam yoga, beberapa kesalahan pemula yoga yang mau lewat berikut ini pun bisa dilakukan tanpa sadar. Apa sajakah itu?

1. Khawatir dengan yang orang lain pikirkan

Yoga bukan soal ajang pamer tentang siapa yang lebih kuat, lentur, atau jago dalam mempraktikkan sebuah pose. Yoga itu soal hubungan antara pikiran dan tubuh, jadi jangan pernah segan untuk melakukan pose sesuai kebutuhan Anda saat itu.
Bebaskan diri untuk menambahkan yin dan yang dalam latihan, dan tak perlu khawatir akan opini orang lain. Lakukan apa yang dapat membuat Anda nyaman dan merasa lebih baik. Pilih pose yang benar-benar diperlukan tubuh saat itu, meski bila itu hanyalah dengan melakukan Child pose selama 20 menit saja.

 

2. Menganggap remeh yoga props

pemula yogaHanya karena Anda seorang pemula, maka bukan berarti Anda tidak berhak menggunakan yoga props. Menganggap remeh pentingnya yoga props merupakan kesalahan pemula yoga yang sering terjadi. Selain itu, memakai yoga props juga tidak berarti Anda lemah atau kurang cekatan dalam melakukan pose tertentu. Yoga props diciptakan untuk membantu latihan sehingga Anda dapat melakukannya dengan lebih baik lagi, dan pastinya juga untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

 

3. Melewatkan savasana

Sama halnya dengan gerakan inti, savasana juga merupakan bagian dari senam yoga yang sama pentingnya. Saat melakukannya, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih rileks sehinga memudahkan Anda untuk memetik berbagai manfaat dari gerakan yang dilakukan.

Dan sama seperti pose yoga lainnya, savasana juga adalah salah satu pose yang perlu dipraktikkan. Jika Anda merasa kesulitan dengan gerakan ini, maka Anda tidak sendiri, banyak yang juga merasakan hal serupa. Jadi jangan berhenti untuk mempelajarinya.

Baca:  4 Pose Yoga Untuk Kulit Cantik Bersinar

 

4. Menahan nafas

Kesalahan pemula yoga selanjutnya adalah menahan nafas. Mungkin hal ini dilakukan secara tidak sengaja karena pikiran terlalu berfokus pada benar-tidaknya pose yang dilakukan saat itu. Di samping gerakan yoga itu sendiri, pernafasan sebenarnya memegang peranan yang sama pentingnya dalam senam yoga.

 

5. Bersaing dengan yogi lain

Ketika melihat peserta lain dalam kelas yoga yang sama bagusnya dengan kita, maka keinginan untuk bersaing atau tampil lebih baik memang dapat muncul kapan saja. Meski wajar namun kesalahan pemula yoga satu ini sama sekali tidak ada untungnya.

Selain fokus menjadi teralihkan dari diri sendiri ke orang lain, tubuh juga bisa jadi korban apabila kalau Anda berlatih terlalu keras. Saat ini terjadi, ingatkan diri bahwa yoga itu adalah pengalaman pribadi, jadi bukanlah hal yang salah kalau latihan Anda berbeda dengan teman lainnya.

 

6. Ingin melakukannya dengan sempurna

Kesalahan pemula yoga berikutnya adalah ingin melakukannya dengan sempurna. Seringkali hal ini terjadi usai kita melihat orang lan yang dapat melakukan pose sulit dengan sempurna. Namun yoga bukan soal sempurna-tidaknya sebuah gerakan, melainkan sebuah pengalaman dan perjalanan pribadi. Oleh karena itu tak perlu merasa minder, frustrasi, atau marah, nikmati saja proses latihannya.

 

7. Berbicara negatif pada diri sendiri

Dalam olahraga apapun, pikiran dan kepercayaan diri sangat memegang peranan penting. Kita takkan menang kalau tidak ada keyakinan untuk itu. Oleh karena itu, hindari berbicara negatif pada diri sendiri karena itu bisa membuat latihan tak berdampak apapun.

Terima saja kalau memang saat ini Anda belum bisa melakukan Crow pose. Hal itu tak mengapa, karena bila terus berlatih, kelak Anda pasti dapat melakukannya. Beri kesempatan pada diri Anda, dan jangan buru-buru ingin cepat mahir. Sekali lagi, nikmati prosesnya.

Baca:  3 Gerakan Yoga Ini Lebih Ampuh Atasi Punggung Kaku Ketimbang Pijat

 

8. Stagnan

Bersabar terhadap kemampuan diri sendiri saat melakukan pose tertentu memang harus dilakukan apalagi bila gerakan itu termasuk sulit. Namun bersabar di sini tidak sama dengan stagnan atau pasif. Anda tetap harus mendorong dan membuka diri sendiri terhadap berbagai tantangan baru.

 

9. Tidak fokus

Tidak fokus merupakan kesalahan pemula yoga selanjutnya. Hal ini memang bisa terjadi pada siapa saja, apalagi kalau seseorang sedang banyak masalah. Bila hal tersebut terjadi, maka segera sadar dan fokuskan diri dengan latihan yang ada sehingga Anda bisa memperoleh hasil latihan dengan maksimal.

 

10. Kelewat serius

Berlatih yoga memang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, namun tak perlu terlalu serius sampai Anda tak bisa menikmatinya. Lepaskan standar atau target yang terlalu muluk, dan rilekskan diri.

Kita sudah menyimak beberapa kesalahan pemula yoga yang mungkin terjadi. Guna menghindarinya, Anda hanya perlu mengingat bahwa yoga bukanlah soal persaingan atau kesempurnaan, namun lebih ke pengalaman pribadi. Dan jangan lupa untuk melakukannya dengan gembira.

 

 

Teresa Mason

Teresa MasonTeresa is a Hunter College graduate and writer who is riding the ebb and flow of a creative writing career. Cat-mom, vegetarian, and yogi, Teresa hopes to inspire others to live consciously through self-love and a healthy lifestyle.

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column]

[/vc_column][/vc_row]